Olahraga Sebelum Sarapan Lebih Ampuh Membakar Lemak

Bila motivasi anda rutin berlatih di gym, bersepeda, atau pun yoga, adalah untuk melangsingkan badan, sebaiknya anda mulai melakukannya di pagi hari sebelum waktu sarapan. Karena menurut penelitian Olahraga Sebelum Sarapan Lebih Ampuh Membakar Lemak

olahraga-sebelum-sarapan-lebih-ampuh-membakar-lemak

Olahraga Sebelum Sarapan Lebih Ampuh Membakar Lemak — Banyak orang yang merasa tidak sempat jika berolahraga di pagi hari. Padahal pagi hari merupakan waktu yang paling ideal untuk berolahraga. Berjalan kaki atau bersepeda sebelum sarapan, menunjukan hasil yang baik. Hal tersebut berdasarkan hasil studi yang telah diterbitkan dalam The Journal of Physiology.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti melibatkan pria aktif dan sehat berusia 28 tahun. Para peserta penelitian tersebut memiliki diet sehari-hari yang buruk, yaitu terdiri dari 50 persen lemak dan kalori 30 persen lebih banyak. Sebagian peserta penelitian tidak berolahraga selama penelitian.

Sedangkan peserta penelitian lainnya melakukan olahraga selama penelitian. Sebagian peserta berolahraga di luar 4 kali seminggu di pagi hari, seperti berjalan dan bersepeda pada intensitas berat. Semua latihan yang diawasi, sehingga pengeluaran energi dari kedua kelompok adalah sama.

Salah satu kelompok makan makanan kaya karbohidrat saat sarapan sebelum berolahraga dan terus mendapat asupan karbohidrat. Kelompok kedua berolahraga tanpa sarapan terlebih dahulu dan hanya minum air putih selama olahraga. Penelitian berlangsung selama 6 minggu.

Kelompok yang tidak melakukan olahraga rata-rata mengalami peningkatan berat badan lebih dari 6 kg dan juga mengembangkan resistensi insulin. Otot para peserta dalam kelompok tersebut tidak lagi merespon dengan baik terhadap insulin dan tidak menarik gula atau kelebihan glukosa dari aliran darah secara efisien dan telah mulai menyimpan kelebihan lemak di antara sel-sel otot.

Resistensi insulin dan timbunan kelebihan lemak di antara sel otot adalah kondisi metabolik yang tidak sehat dan merupakan prekursor diabetes. Orang-orang yang makan sarapan sebelum berolahraga berat juga mengalami peningkatan berat badan, meskipun tidak sebanyak pada kelompok pertama.

Para peserta dalam kelompok tersebut juga telah menjadi lebih resisten terhadap insulin dan yang menyimpan sejumlah besar kelebihan lemak dalam otot. Hanya kelompok yang berolahraga sebelum sarapan yang menunjukkan peningakatan berat badan yang paling sedikit dan hampir tidak tidak menunjukkan tanda-tanda resistensi insulin.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa, olahraga dalam keadaan belum makan lebih efektif daripada olahraga setelah mengonsumsi karbohidrat. Melakukan oalhraga pagi tanpa sarapan juga membantu para pria menghindari kenaikan berat badan.

Dalam penelitian ini, hanya kelompok yang berolahraga tanpa sarapan yang menunjukkan adaptasi metabolik yang menguntungkan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar asam lemak oksidatif,” kata Peter Hespel, Ph.D., seorang profesor dari Research Center for Exercise and Health at Catholic University Leuven, Belgia seperti dilansir dari TheNewYorkTimes.

Namun, para peneliti belum dapat menyimpulkan apakah manfaat yang sama akan bertambah jika berolahraga pada kecepatan yang lebih santai dan dalam waktu yang lebih singkat. Sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan manfaat olahraga yang lebih baik lagi.

Tips Aman Berolahraga Pagi Sebelum Sarapan

Baik olahraga dan sarapan adalah kegiatan yang dipengaruhi oleh kebiasaan, sehingga metode ini juga belum tentu sesuai dengan semua orang. Namun jika Anda ingin mencoba olahraga, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti :

  1. Persiapkan diri Anda – bangun pagi dipengaruhi oleh jam biologis dan waktu tidur, jadi jika Anda ingin berolahraga pagi, cukupilah kebutuhan waktu tidur malam sehingga tubuh siap untuk beraktivitas fisik saat pagi hari.
  2. Lakukanlah olahraga yang sesuai dengan Anda – jenis olahraga yang dapat Anda lakukan bisa sesuai dengan keinginan atau yang biasanya Anda lakukan. Jika Anda baru memulai, cobalah dengan olahraga intensitas sedang seperti jalan pagi atau jogging.
  3. Cukupilah kebutuhan air – minumlah sekitar setengah hingga satu liter air mineral atau minuman olahraga lainnya sebelum dan sesudah berolahraga. Disarankan bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan ini 2 atau 3 jam sebelum olahraga.
  4. Berhenti bila lelah dan konsumsi makan kapanpun Anda suka – jika Anda merasa kelelahan dan merasa butuh makanan atau merasa lapar, berhentilah berolahraga untuk mencegah penurunan massa otot.
  5. Cukupilah konsumsi nutrisi setelah berolahraga – hal ini perlu dilakukan dalam jangka waktu maksimal 45 menit setelah Anda berolahraga, baik jika Anda sudah sarapan maupun belum. Namun jangan hanya konsumsi karbohidrat, karena konsumsi proteinlah yang harus diperbanyak.

Demikian pembahasan kami mengenai ‘Olahraga Sebelum Sarapan Lebih Ampuh Membakar Lemak‘, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan baru anda. Simak dan kunjungi terus situs Triflec Capsule ini untuk mendapatkan informasi penting dan menarik lainnya.

| Olahraga Sebelum Sarapan Lebih Ampuh Membakar Lemak |

Advertisements

One response to “Olahraga Sebelum Sarapan Lebih Ampuh Membakar Lemak

  1. Pingback: Tahukah Anda, Ternyata Gula Batu Tidak Lebih Sehat Dari Gula Pasir | Cara Pemesanan Triflex Capsule·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s